Pelajaran hari ini..
Semester ini tiap Jumat-Minggu adalah hari libur. Ada enak & ga enaknya. Yang pasti semua dibawa enak2 aja..hahaha..
Lumayan, kalo pas libur otomatis bisa kerja tugas (nyicil), baca buku / majalah yang uda dibeli / dikasi tapi belum sempet dibaca, bisa nyantai2 dikit + yang pasti bisa dapet pelajaran baru!
Nah, hari ini bangun kesiangan, jam 10.30 baru bangun gara2 ga pasang alarm, bangun tidur langsung cek email dll + baca majalah desain, trus tiba2 Dicky (temen 1 kos) tau2 bangun trus ajak beli makan. Ya uda, langsung capcus tanpa mandi+sikat gigi.hahaha... Beli pecel, trus makan di kos. Eeeee...lupa kalo kemaren uda janjian mau pijetin kaki jam 12! Selesai makan jam 11.30 trus langsung mandi. Dicky nganggur juga, akhirnya ikut nemenin pijet. Tukang pijet namanya P. Gatot, lumayan terkenal sih dikalangan olahraga Surabaya, terutama anak2 SMA+kuliahan. Trus kita berdua cari2 rumah P.Gatot, di deket Pasar Atom sana ternyata. Ya uda, sampe sana pijetin kaki.
Nah, banyak pelajaran baru waktu pijetin kaki ini.
Emang sih uda tau kalo saraf di kaki tu banyak banget+nyangkut paut semua di kepala, otak, dll..
Waktu P. Gatot tanya kenapa, ya langsung aja bilang 'ankle,pak' trus dipegang, diputer, ditarik,dll.. Tau tanggapannya apa waktu dia denger bunyi 'kreeekk' ??? "Kok bisa kaya gini? Ini kakimu sudah ankle berkali-kali." "iya pak, kanan kiri sudah rusak semua tulangnya mungkin ya.." "bukan tulangnya, tapi ototnya.." Baru tau kalo bunyi selama ini tu gara2 otot/saraf! hahahaha.. padahal dulu tiap langganan pijet kesel, pasti kalo diputer2 kakinya, enjoy2 aja, ga tau ternyata itu sudah ga karuan & ga bole diputer2 sembarangan! hahaha..
Terus dibilang kalo ankle itu hubungan ma otot ligamen, wis mbuh pak kulo mboten ngertos, pokoe ngertos waras ngoten mawon wis... hahahaha...
Ga kepikiran sih dari dulu. Biasa taunya polosan aja kalo lihat orang pake pengikat lutut, ta pikir sih itu buat lutut yg uda goyah apa gimana.. Ternyata itu buat ngencengin otot bagian ankle juga.
Dan akhirnya setelah dipijet agak lama (Dicky uda mulai bosen nunggu kliatannya..hahahaha) trus kelar. Langsung ke toko obat cina di daerah Jagalan buat beli obat minum buat otot. (baru tau juga kalo ada!) hahaha..
Setelah itu kita ke Atom buat makan & mbambung bersama! wakwkawka... Ga ada tujuan, taunya itu sudah deket Atom, maka ga afdol kalo ga mampir Atom! hahaha... Makan mie Tarikkkk!!! Mau tau rasanya??? Tariiiikkkkk mangggg.... uenak bagindang pokoe!
Trus kita pulang, sambil maen2 GPS dari hp. Dasar 2 orang gaptek, seneng banget waktu liat GPS jalan! hahahhaa...Sambil beli koran di jalan.
Setelah sampe kos, lanjutin baca selesaiin majalah yang belum kelar waktu dibaca tadi pagi, terus lanjut baca koran, terus lanjut baca buku 'Arsitektur yang membodohkan' pemberian Bpk Purnama Salura, dosen Parahyangan, Bandung! hahaha..
Nah, setelah itu, jam uda menunjukan pukul 18.00. Langsung mandi terus capcus ke Gereja.
Janjian kita harus dateng di gereja jam 19.30, ternyata naek motor pinjeman dari Dicky, walopun kalo Jumat macet banget di Petra, bisa nyampe gereja dalam 25menit (untung pinjem motor! ternyata di daerah petra yang jalannya cuma 2jalur=2jalur, ada mobil CocaCola mogok! dan itu menutup 1 lajur. macet sampe jelek deh pokoknya!)
Nah sampe greja inget kalo uda 4jam lebih belum makan & latian bakal kelar jam 21.30an. Langsung ke grobak bakso makan bakso+es degan! Mau tau rasanya???? Ga karuannnnn......
Nah ni pelajaran ke-2! Dicampur sama pengalaman kemarin ya..soalnya latiannya hari ini sama kemarin. (15+16 Sept)
Bukan bermaksud macem2/sombong/apalah itu.. Cuma mau share aja.
Diminta bantuan ngebuat komposisi+latihan buat acara Gereja. Latihan perkusi (bukan kata sebenarnya). Perkusi disini yang dimaksud adalah mukul2 barang2 bekas (drum oli, panci,tempat sampah) pokoknya yang bekas2 gitu lah.. Nah, disini ada 8 orang (basic mereka drum sih...). Itu terdiri dari 7 cowok + 1 cewek. Wah, denger kata drummer uda lumayan ngeri sih, soalnya pasti kalah aku sama mereka dalam hal sticking. Hari pertama kemaren sih lumayan.. Mereka bisa dateng semua komplit 8 orang, meskipun yang 1 telat 1 jam. Kemaren perkenalan orang, perkenalan alat, terus penjabaran konsep (hahaha... kebiasaan arsitek, jadi mesti ngejabarin konsep dulu biar 1 visi), trus penjabaran alur komposisi permainan. Nah, aku paling males kalo disuru nentuin siapa pegang alat apa, takutnya nanti dikira sok2an/takutnya salah atur orang. Lagian disitu orang 8, belum tau kemampuan, karakter, dll.. Pokoknya waktu pengenalan alat2, aku kasih contoh pukulan ke alat, karakter alat+suaranya, dan perkiraan komposisi yang dimainin dialat itu.
Akhirnya sudah pada berdiri dialat masing2.
latihan dimulai..
Waktu aku kasih komposisi, banyak sih yang bisa langsung nangkep. Tapi ada 1 orang ternyata bukan pada posisi yang bener, karena dia ada di central sound, tapi ga bisa pattern. Nah, ini dia... SUNGKAN! Kata paling ta benci sebenernya, tapi gimanapun pasti ada rasa sungkan buat bilangin dia. Sudah beberapa menit, tetep aja ga bisa2. Akhirnya daripada kelanjutan proses sama2 ga enak & ngrusak suasana team, langsung ta suruh gantian alat sama orang lain yang kemampuan+daya tangkap lebih tinggi (bukan bermaksud apa2, cuma biar gampang ditangkep aja kata2nya). Nah, terus disitu ada orang 'ingin mendapat pengakuan'. Secara skill, kalah jauhhhhhhh banget dah aku sama dia. Sticking keren, pattern bisa macem2. Waktu aku ajarain pattern simple, malah dia bisa langsung nangkep+ngasih aku pattern sulit, ya langsung aja aku bilang "wah, ampun ko. aku ga isa sticking" hahaha... ya gimana lagi, sticking emang uda ga pernah latian, itu aja pattern kluar dengan sendirinya karena Tuhan (tanpa persiapan sama sekali waktu bikin pattern, on the spot pattern. hahahaha...)
Nah, latihan kemaren ternyata ga disangka2 langsung cepet banget. Sudah jam 21.00 dan kita sudah selesai 3/4 bagian.
Lanjut hari ini tadi review semua pattern+ngebuat 1/4 pattern ending. Nah, hari ini bersyukur karena ko Daniel yang notabene temen team perkusi + guru les drum dateng! hahaha... Serasa ada teman seperjuangan + penyelamat. hahaha.. Nah, ko Daniel ta bilangin komposisi+tema dll, terus minta bantuan ngebuat 1/4 akhir. Ternyata dari 8, yang dateng cuma 5! Yang 3 posisi lumayan penting malah pada nggak dateng. Ya uda, mau ga mau kita latian seadanya+ngebuat 1/4 ending dengan orang seadanya, walopun ada 1 yang dateng 15menit sebelum bubar, tapi lumayan, dia pinter nangkep cepet banget.
Nah, disini orang 'ingin dapat pengakuan' ternyata sudah kenal ko Daniel. Ko Daniel pun tau kalo karakter anak ini pengen dapet pengakuan, malah langsung dibabat habis dari pertama ketemu sampe akhir pulang dengan skill yang ko Daniel punya. Kasihan sih memang, tapi dia tidak merasa kalo dibabat kok, ya udahhh..hahaha..
Terus akhirnya bener, latihan bubar jam 21.30.
Nah, apa sih yang didapet?
Pertama, kontrol buat arahin 8 orang dengan ego, sifat, karakter, dll itu ga mudah waktu kita berhadapan langsung. Mereka maunya begini,begini, begini. Memang sih ada yang enak orangnya, penurut, jadi lebih gampang diatur, lebih cepet jadinya pula. Tapi ego memang identik dengan pemain drum, jadi ya uda ga begitu kaget juga sih..
Kedua, diam kadang adalah emas, kadang perak, kadang tembaga, kadang juga sampah. Orang diam tidak selalu bodoh, tidak selalu bijaksana pula.
Ketiga, kedewasaan bermusik bukan karena skill+kemampuan. Tapi kedewasaan bermusik berbanding lurus dengan kedewasaan seseorang.
Keempat, kemampuan tiap orang berbeda, jangan semua disamakan, malah justru itu bisa jadi batu loncatan, untuk ngebuat komposisi jadi unik karena perbedaan itu.
Kelima, bertindak bijaksana, merendahkan diri bahkan sampai ke telapak kaki orang lain kadang akan sangat membantu untuk meningkatkan kepercayaan diri orang tersebut/bahkan membuat orang tersebut tidak ada kesempatan untuk menyombongkan diri.
Keenam, berlatih dan berlatih membuat segalanya terasa tenang karena kamu akan merasa lebih percaya diri.
Nah, sekian hari ini. Hahaha.. sudah boring nunggu install autocad gagal terus dari tadi. saatnya tidur!
Good night and God bless you!
No comments:
Post a Comment