Popular Posts

Thursday, September 29, 2011

kisah klasik

Dimanakah ada rumput hijau yang kan menemani punggungku yang sudah lelah ini?
Untuk sekedar bersandar pada rerumputan dan akar pohon rindang..
Dedaunan yang bergelisik kadang menjadi radio ditengah padang..
Akar kering selalu bergantung seakan membantu merenda kisah yang sedang ku dendangkan..

Senyawa tatkala sunyi kadang berubah menjadi tarian..
Embun malam kadang hanya menjadi harapan..
Semua memang kan terabaikan..
Yang kan menjadi rembulan..
Dikala sayap elang membentang seakan dikepakkan..


Kadang angin berubah menjadi api..
Kadang air berubah menjadi kain..

Hembusan nafas kan selalu terngiang dibenak yang kan selalu menjadi sejarah..
Erangannya kan selalu berbisik untuk kembali kearah yang benar..
Kegundahan bersama selalu menjadi akhir cerita klasik dalam penyesalan berdua..

Lirikan mata kadang menceritakan emosi jiwa
Tatapan tajamnya selalu membekas dan inginku terbang melanglang buana!

Semua terdiam membisu!
Bisa ular kan merasuk hingga meracuni empedu!
Langit tinggi hanya menjadi saksi

Inginku mengambil logam bermata 2 itu
Untukku umpan agar nyawanya mendekat
Inginku melempar pisau bermata tajam itu
Untukku asah agar semakin mengkilat
Inginku menendang rembulan itu
Untukku mendekapnya dalam pelukan

Semuanya akan berakhir
Dan semuanya akan berjalan seperti sediakala..

Biarlah bibir merah merekah itu selalu ada disana
Jangan pernah ada yang pernah menyentuhnya!
Jangan pernah ada yang mengoyakkan kancingnya!
Biarlah rambutnya terus terurai dan jangan pernah ada yang memangkasnya!

Tak mau ku mendengar suara!
Tak mau ku memusingkan!
Tak mau ku berurusan!
Biarlah serigala hutan yang selalu kan menjaganya dalam kegelapan malam yang kan selalu menjadi mimpi indah bagi malaikat itu diseberang sana..

Menjadi berhasil bukan perkara sulit, tapi membahagiakan orang tua adalah kewajiban sepanjang masa..
Love your family!

29-09-2011

Kadang ga semua hal yang kita pikir bisa berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan kita tidak dapat meng-handle semua hal menurut apa yang kita pandang itu baik / benar. Karena yang baik belum tentu benar, dan yang benar belum tentu baik dimata orang lain.
Apa yang kita sangka terkadang tidaklah sesuai dengan apa yang bisa kita terima. Kadang apa yang kita terima tidak sesuai yang kita harapkan, hal ini yang kadang akan membuat kita menjadi antipati akan sesuatu hal.

Tapi benarkah kita harus memilih hal yang selayaknya tidak kita pilih? Dan apakah kita harus menentukan hal yang seharusnya tidak kita tentukan?

Sempat shock hari ini, sejak tau teman baik yang selalu menemani disaat-saat genting sudah memiliki kekasih. Dan ternyata dia menyembunyikannya sejak bulan lalu, dan baru beberapa hari lalu dia cerita bahwa dia memang sudah punya kekasih. Memang sih tidak begitu surprise saat dia mengaku jujur bahwa ternyata sudah punya kekasih. Karena aku sudah merasakan sesuatu yang aneh sejak akhir bulan lalu. Tapi yang membikin surprise adalah ketika tadi sempat melihat foto kekasihnya tadi sore. Apa yang ada dipikiran ternyata 180 drajat! Kaget dan ngakak! hahaha..
Kasihan memang, tapi ga bisa juga bilang kasihan, karena itu pilihannya sendiri dan dia mencintainya (kliatannya sih dia bener2 cinta). hahaha..

Awalnya ga mau dan ga kepikiran buat stalking. Tapi setelah teman saya yang lain juga penasaran, kita stalking bersama dan akhirnya.... Facebook tidak dapat menemukannya! OMG! Langsung kagetlah aku sama temenku, "se-kuper itukah sampe tidak punya FB???" Tapi di twitter, dia ada. Dan setelah lihat foto di twitter dan profilenya, ternyata baru aktif twitter sejak pertengahan bulan Juli lalu. Maklumlah.. Mungkin dia sudah sibuk dan memang ga terlalu suka browsing kale ya...
Pencarian belum berakhir, kali ini aku teringat dengan ulang tahun ke-13 Google! So..... Aku berkata pada temanku, " Cobo, sepinter opo Google iki yo.." Langsung buka Google, langsung ketik namanya XxxxxxxxxxxxxX Dan apa yang terjadi??? Google memang layak disembah! hahahaha....
Namanya terpampang dengan facebook dan twitter nya! Wow!!!

Setelah memastikan mutual friend dan lokasi tempat tinggalnya, kami pun sepakat bahwa ini memang benar-benar orangnya! Busettt... beda banget juga sih foto yang ada di twitter dan Fb!

Wah, setelah dapat Fb nya, penyelidikan diteruskan di twitter-nya. Karena dia menutup profile+foto Fb dari jangkauan anak2. hahahaha...

Langsung aja lihat tweet nya. Ternyata dari situ ketahuan bahwa memang mereka sudah pacaran sejak bulan lalu. Kaget, shock, dan sedikit kecewa. Karena dia adalah teman baik saya, dimana kadang memang kita cerita hal yang tidak semua orang mengetahuinya. Dan saya merasa dilangkahin. hahahahaha....
BUT.. It's no problem and it's okay. Untuk kebaikannya, saya ikut bangga dan senang. Akhirnya dia mendapatkan apa yang dia suka dan cintai. hahaha.. Berharap aja bisa ketemuan ma pasangan baru itu dan kita dapat pergi2 bersama. =)

That's good for you, my friend! hahaha...

Jangan salah persepsi, it's pure about friendship.

Monday, September 19, 2011

Pepatah Cina

Bukan titik yang membuat tinta, tapi tinta yang membuat titik. Bukan cantik yang membuat cinta, tapi cinta yang membuat cantik.
Bila ada cahaya dalam jiwa, maka akan hadir kecantikan dalam diri seseorang. Bila ada kecantikan dalam diri seseorang, akan hadir keharmonisan dalam rumah tangga. Bila ada keharmonisan dalam rumah tangga, akan hadir ketertiban dalam negara. Dan bila ada ketertiban dalam negara, akan hadir kedamaian di dunia
Bila kau ingin mendapatkan kebahagiaan dalam satu jam, tidurlah. Bila kau ingin mendapatkan kebahagiaan dalam sehari, pergilah memancing. Bila kau ingin mendapatkan kebahagiaan dalam setahun, mintalah keberuntungan. Bila kau ingin mendapatkan kebahagiaan seumur hidupmu, maka tolonglah orang lain. 
Waktu menyembuhkan luka hati.
Perjalanan seribu mil dimulai dengan langkah pertama.
Satu kegembiraan menghancurkan seratus kedukaan.
Tanam labu dapat labu, tanam kacang dapat kacang. Apa yang kita buat, itulah yang akan kita dapat.
Tuduh diri anda sebagaimana anda akan menuduh orang lain, maafkan orang lain sebagaimana anda akan memaafkan diri anda sendiri.
Orang sukses tidak santai, orang santai tidak sukses.

Just for share, i'll update.

How to make you smile?

Kadang bulan tak bercahaya..
Kadang matahari tak berpenghulu..
Mungkinkah semua ini menjadi bisu bila ada cinta diantara mereka?

Anak kecil lugu duduk disamping ibunya.
Dia bermain jari jemari lentiknya sambil bernyanyi-nyanyi riang..
Sedangkan sang Ibunda ikut mendampinginya menyanyi untuk tetap menjaga alur lagu si anak tetap pada note nya.
Hawa siang itu tak begitu panas, matahari juga malu-malu menampakkan sinarnya di balik awan kecil putih diatas sana..
Angin sepoi selalu hadir seakan telah dirindukan umat manusia.
Nyanyian rumput juga seakan menambah syahdu siang kala itu..

Tiba-tiba seorang pria datang, nampak dari kejauhan..
Anak kecil itu berlari tanpa mengenakan alas kakinya..
Ibunda tersenyum kecil, sambil mengikuti kemana anak itu berlari..
Hap..Hap..Hap.. Anak itu sudah ada dipelukan sang Ayah..
Bunda pun ikut memeluk, seakan mereka telah lebur menjadi 1..


Bukan keluarga yang ingin disampaikan pada saat ini..
Tapi, arti kebersamaan yang kan membuat kita menjadi membisu seakan tak ada kata yang tepat untuk menggambarkan kebersamaan itu..
Menjadi benar belum tentu dibenarkan..
Menjadi salah juga belum tentu dipermasalahkan..
Semua kita sendiri yang menilainya..
Tak ada yang dapat menggantikan senyumnya di pikiran orang itu..
Senyumnya masih hangat membekas di pikirannya yang kadang tak terselami oleh para sahabatnya..
Senyum kebersamaan dan senyum kesederhanaan itu mungkin masih ada..
Tapi, mungkin tak akan terlihat oleh orang itu lagi..
Mungkin dia kan tersenyum, tapi apakah senyum itu setulus senyumnya yang ia berikan kepada orang itu waktu kala?

Bagaimana caranya membuat dia tersenyum seperti sedia kala?
Bagaimana caranya membuat dia tersipu malu ketika mengingatnya?
Bagaimana caranya membuat dia mengharapkan apa yang telah ia lepas kala itu?

Semua ada jawabnya. Semua ada waktunya. Semua ada kesudahannya.
Biar pengalaman dan hari esok yang menjawabnya..

(semua ini dirangkum dalam sajak rayuan gombal belaka..this is gombal,ok? jangan disalah artikan.) hahaha...

Friday, September 16, 2011

Daily life Sept,16 2011

Pelajaran hari ini..
Semester ini tiap Jumat-Minggu adalah hari libur. Ada enak & ga enaknya. Yang pasti semua dibawa enak2 aja..hahaha..
Lumayan, kalo pas libur otomatis bisa kerja tugas (nyicil), baca buku / majalah yang uda dibeli / dikasi tapi belum sempet dibaca, bisa nyantai2 dikit + yang pasti bisa dapet pelajaran baru!

Nah, hari ini bangun kesiangan, jam 10.30 baru bangun gara2 ga pasang alarm, bangun tidur langsung cek email dll + baca majalah desain, trus tiba2 Dicky (temen 1 kos) tau2 bangun trus ajak beli makan. Ya uda, langsung capcus tanpa mandi+sikat gigi.hahaha... Beli pecel, trus makan di kos. Eeeee...lupa kalo kemaren uda janjian mau pijetin kaki jam 12! Selesai makan jam 11.30 trus langsung mandi. Dicky nganggur juga, akhirnya ikut nemenin pijet. Tukang pijet namanya P. Gatot, lumayan terkenal sih dikalangan olahraga Surabaya, terutama anak2 SMA+kuliahan. Trus kita berdua cari2 rumah P.Gatot, di deket Pasar Atom sana ternyata. Ya uda, sampe sana pijetin kaki.
Nah, banyak pelajaran baru waktu pijetin kaki ini.
Emang sih uda tau kalo saraf di kaki tu banyak banget+nyangkut paut semua di kepala, otak, dll..
Waktu P. Gatot tanya kenapa, ya langsung aja bilang 'ankle,pak' trus dipegang, diputer, ditarik,dll.. Tau tanggapannya apa waktu dia denger bunyi 'kreeekk' ??? "Kok bisa kaya gini? Ini kakimu sudah ankle berkali-kali." "iya pak, kanan kiri sudah rusak semua tulangnya mungkin ya.." "bukan tulangnya, tapi ototnya.." Baru tau kalo bunyi selama ini tu gara2 otot/saraf! hahahaha.. padahal dulu tiap langganan pijet kesel, pasti kalo diputer2 kakinya, enjoy2 aja, ga tau ternyata itu sudah ga karuan & ga bole diputer2 sembarangan! hahaha..
Terus dibilang kalo ankle itu hubungan ma otot ligamen, wis mbuh pak kulo mboten ngertos, pokoe ngertos waras ngoten mawon wis... hahahaha...
Ga kepikiran sih dari dulu. Biasa taunya polosan aja kalo lihat orang pake pengikat lutut, ta pikir sih itu buat lutut yg uda goyah apa gimana.. Ternyata itu buat ngencengin otot bagian ankle juga.
Dan akhirnya setelah dipijet agak lama (Dicky uda mulai bosen nunggu kliatannya..hahahaha) trus kelar. Langsung ke toko obat cina di daerah Jagalan buat beli obat minum buat otot. (baru tau juga kalo ada!) hahaha..
Setelah itu kita ke Atom buat makan & mbambung bersama! wakwkawka... Ga ada tujuan, taunya itu sudah deket Atom, maka ga afdol kalo ga mampir Atom! hahaha... Makan mie Tarikkkk!!! Mau tau rasanya??? Tariiiikkkkk mangggg.... uenak bagindang pokoe!

Trus kita pulang, sambil maen2 GPS dari hp. Dasar 2 orang gaptek, seneng banget waktu liat GPS jalan! hahahhaa...Sambil beli koran di jalan.

Setelah sampe kos, lanjutin baca selesaiin majalah yang belum kelar waktu dibaca tadi pagi, terus lanjut baca koran, terus lanjut baca buku 'Arsitektur yang membodohkan' pemberian Bpk Purnama Salura, dosen Parahyangan, Bandung! hahaha..

Nah, setelah itu, jam uda menunjukan pukul 18.00. Langsung mandi terus capcus ke Gereja.
Janjian kita harus dateng di gereja jam 19.30, ternyata naek motor pinjeman dari Dicky, walopun kalo Jumat macet banget di Petra, bisa nyampe gereja dalam 25menit (untung pinjem motor! ternyata di daerah petra yang jalannya cuma 2jalur=2jalur, ada mobil CocaCola mogok! dan itu menutup 1 lajur. macet sampe jelek deh pokoknya!)
Nah sampe greja inget kalo uda 4jam lebih belum makan & latian bakal kelar jam 21.30an. Langsung ke grobak bakso makan bakso+es degan! Mau tau rasanya???? Ga karuannnnn......

Nah ni pelajaran ke-2! Dicampur sama pengalaman kemarin ya..soalnya latiannya hari ini sama kemarin. (15+16 Sept)
Bukan bermaksud macem2/sombong/apalah itu.. Cuma mau share aja.
Diminta bantuan ngebuat komposisi+latihan buat acara Gereja. Latihan perkusi (bukan kata sebenarnya). Perkusi disini yang dimaksud adalah mukul2 barang2 bekas (drum oli, panci,tempat sampah) pokoknya yang bekas2 gitu lah.. Nah, disini ada 8 orang (basic mereka drum sih...). Itu terdiri dari 7 cowok + 1 cewek. Wah, denger kata drummer uda lumayan ngeri sih, soalnya pasti kalah aku sama mereka dalam hal sticking. Hari pertama kemaren sih lumayan.. Mereka bisa dateng semua komplit 8 orang, meskipun yang 1 telat 1 jam. Kemaren perkenalan orang, perkenalan alat, terus penjabaran konsep (hahaha... kebiasaan arsitek, jadi mesti ngejabarin konsep dulu biar 1 visi), trus penjabaran alur komposisi permainan. Nah, aku paling males kalo disuru nentuin siapa pegang alat apa, takutnya nanti dikira sok2an/takutnya salah atur orang. Lagian disitu orang 8, belum tau kemampuan, karakter, dll.. Pokoknya waktu pengenalan alat2, aku kasih contoh pukulan ke alat, karakter alat+suaranya, dan perkiraan komposisi yang dimainin dialat itu.
Akhirnya sudah pada berdiri dialat masing2.
latihan dimulai..
Waktu aku kasih komposisi, banyak sih yang bisa langsung nangkep. Tapi ada 1 orang ternyata bukan pada posisi yang bener, karena dia ada di central sound, tapi ga bisa pattern. Nah, ini dia... SUNGKAN! Kata paling ta benci sebenernya, tapi gimanapun pasti ada rasa sungkan buat bilangin dia. Sudah beberapa menit, tetep aja ga bisa2. Akhirnya daripada kelanjutan proses sama2 ga enak & ngrusak suasana team, langsung ta suruh gantian alat sama orang lain yang kemampuan+daya tangkap lebih tinggi (bukan bermaksud apa2, cuma biar gampang ditangkep aja kata2nya). Nah, terus disitu ada orang 'ingin mendapat pengakuan'. Secara skill, kalah jauhhhhhhh banget dah aku sama dia. Sticking keren, pattern bisa macem2. Waktu aku ajarain pattern simple, malah dia bisa langsung nangkep+ngasih aku pattern sulit, ya langsung aja aku bilang "wah, ampun ko. aku ga isa sticking" hahaha... ya gimana lagi, sticking emang uda ga pernah latian, itu aja pattern kluar dengan sendirinya karena Tuhan (tanpa persiapan sama sekali waktu bikin pattern, on the spot pattern. hahahaha...)
Nah, latihan kemaren ternyata ga disangka2 langsung cepet banget. Sudah jam 21.00 dan kita sudah selesai 3/4 bagian.
Lanjut hari ini tadi review semua pattern+ngebuat 1/4 pattern ending. Nah, hari ini bersyukur karena ko Daniel yang notabene temen team perkusi + guru les drum dateng! hahaha... Serasa ada teman seperjuangan + penyelamat. hahaha.. Nah, ko Daniel ta bilangin komposisi+tema dll, terus minta bantuan ngebuat 1/4 akhir. Ternyata dari 8, yang dateng cuma 5! Yang 3 posisi lumayan penting malah pada nggak dateng. Ya uda, mau ga mau kita latian seadanya+ngebuat 1/4 ending dengan orang seadanya, walopun ada 1 yang dateng 15menit sebelum bubar, tapi lumayan, dia pinter nangkep cepet banget.
Nah, disini orang 'ingin dapat pengakuan' ternyata sudah kenal ko Daniel. Ko Daniel pun tau kalo karakter anak ini pengen dapet pengakuan, malah langsung dibabat habis dari pertama ketemu sampe akhir pulang dengan skill yang ko Daniel punya. Kasihan sih memang, tapi dia tidak merasa kalo dibabat kok, ya udahhh..hahaha..
Terus akhirnya bener, latihan bubar jam 21.30.

Nah, apa sih yang didapet?
Pertama, kontrol buat arahin 8 orang dengan ego, sifat, karakter, dll itu ga mudah waktu kita berhadapan langsung. Mereka maunya begini,begini, begini. Memang sih ada yang enak orangnya, penurut, jadi lebih gampang diatur, lebih cepet jadinya pula. Tapi ego memang identik dengan pemain drum, jadi ya uda ga begitu kaget juga sih..
Kedua, diam kadang adalah emas, kadang perak, kadang tembaga, kadang juga sampah. Orang diam tidak selalu bodoh, tidak selalu bijaksana pula.
Ketiga, kedewasaan bermusik bukan karena skill+kemampuan. Tapi kedewasaan bermusik berbanding lurus dengan kedewasaan seseorang.
Keempat, kemampuan tiap orang berbeda, jangan semua disamakan, malah justru itu bisa jadi batu loncatan, untuk ngebuat komposisi jadi unik karena perbedaan itu.
Kelima, bertindak bijaksana, merendahkan diri bahkan sampai ke telapak kaki orang lain kadang akan sangat membantu untuk meningkatkan kepercayaan diri orang tersebut/bahkan membuat orang tersebut tidak ada kesempatan untuk menyombongkan diri.
Keenam, berlatih dan berlatih membuat segalanya terasa tenang karena kamu akan merasa lebih percaya diri.

Nah, sekian hari ini. Hahaha.. sudah boring nunggu install autocad gagal terus dari tadi. saatnya tidur!
Good night and God bless you!

Monday, September 12, 2011

MEDIA MASSA

Apa yang bisa dibayangkan ketika kita membaca atau mendengar berita dari koran / majalah / bahkan dari televisi yang menyebutkan bahwa ada yang terjadi diluar sana? Tentu kita biasanya akan lebih ingin mengerti / penasaran tentang hal yang diberitakan itu.
Memang yang diajarkan di sekolah tentang 5W 1H itu ada benarnya. Tapi, apakah kita harus menjadi budak dari 5 W 1 H tersebut? Bisa ya, bisa tidak.

Akhir2 ini memang sangat banyak berita yang HIPERBOLA! Mengapa saya katakan demikian? Karena apa yang ada di berita akhir2 ini kadang sudah tidak layak konsumsi, dan hal itu membuat kita kadang menjadi terlalu kritis, yang akhirnya mengakibatkan pada kebohongan publik atau kadang mereka-reka sendiri berita yang terjadi, dengan kata lain, kita bumbuhi berita tersebut agar lebih sedap didengar.

SAMPAH! Mungkin itu yang akan saya katakan pada media massa akhir2 ini, sehingga membuat kita menjadi pecah belah. Bukankah kita seharusnya disatukan oleh media massa? Memang media massa mencari keuntungan dari segala yang terjadi, terlebih dari hal2 yang kurang umum. Tapi apakah harus dengan cara yang 'fana' untuk mendapatkan sebuah berita atau dengan kata lain menghalalkan segala cara untuk mengeksploitasi berita yang ada guna konsumsi+marketing yang baik? Apakah demikian diajarkan oleh sekolah2, terutama bidang komunikasi, tentang bagaimana mengeksploitasi berita? Dari apa yang saya tahu dan pahami, memang kita diajarkan untuk memberi HEADLINE yang membuat orang penasaran dan ingin lebih lagi mendengar / mengerti tentang berita yang akan disampaikan. Hal ini dibuat sedemikian rupa, sehingga orang penasaran, tapi TIDAK MEMBOHONGI masyarakat.

Bagaimana bisa, salah 1 televisi nasional swasta yang memberitakan tentang banjir di Jakarta pada tahun 2010 secara berlebih-lebihan?! Katanya sih banjirnya 1 meter. Apa yang di pikirkan orang ketika mendengar banjir 1 meter? Bukannya kalau 1 meter, sepeda motor sudah tenggelam? Buktinya nih, waktu itu saya melihat di televisi 'satu' reporter sedang mewawancarai Fauzi Bowo, yang notabene adalah walikota Jakarta, langsung aja pak FB marah2 kepada reporter, secara garis besar dia berkata demikian :" Mana ada banjir 1 meter? Kamu lihat sendiri kan kalau itu kendaraan semua bisa lewat, mana ada banjir? Yang ada cuma genangan air! Jangan mengada-ada kamu kalau membuat berita! " Langsung aja saya tersenyum melihat reporter tersebut dimarahin pak kumis. hahahaha... Mungkin yang ada dipikiran reporter yang melaporkan berita tersebut adalah ketinggian banjir 1 meter dari sungai Ciliwung kali ya? hahahaha...tolol!

Yang paling fresh, adalah kasus Ambon! Baru kemarin, tanggal 11 September 2011 ini mencuat. Saya memang tidak sempat menonton tv untuk mengecek kebenaran beritanya, tapi saya cek lewat twitter, bahwa keadaan kota Ambon sedang tegang. Saya pikir memang Ambon sedang ada konflik agama-ras lagi. Tapi, nyatanya orang Ambon sendiri nge-tweet bahwa Ambon aman. Dan malah ia marah ketika televisi 'biru' melaporkan keadaan tegang di kota Ambon. Justru, setelah itu Ambon menjadi panas, karena dikompori oleh masyarakat+media massa.

Kadang, media massa keterlaluan dalam mengambil kebijakan melaporkan hal yang mungkin tidak perlu dilaporkan, sehingga memperkeruh suasana. Memang media massa adalah badan yang netral. Tapi saya sudah mulai meragukan kenetralan kalian. Hanya ada segelintir orang yang memang benar-benar netral.

Juga kadang terpikir, mungkin Orde Baru punya cara tersendiri guna memberangus media massa yang dianggap menyusahkan pemerintah. Memang saya bukan orang yang pro kepada Orde Baru, saya adalah orang yang kontra dengan Orde Baru. Tapi, tidak ada salahnya untuk mengambil yang baik dan membuang / membenahi yang kurang baik. Media massa yang ada sekarang cenderung kearah politik dan dipolitikan. Sudah gamblang tercermin, tapi kadang tidak semua orang mau kritis untuk melihat kebobrokan media massa.

Yahhhh... Semua ini bisa terjadi karena mental dan peradaban. Saya harap saja, agar semua media massa untuk tergerak menjadikan Indonesia yang lebih maju dan utuh. Bhinneka Tunggal Ika.

Mungkin ini uneg-uneg saya saja, bila ada yang kurang berkenan, mohon dimaafkan.

Saturday, September 10, 2011

today' trip + economic

Setelah kemaren malem jemput adik mom di airport+2 orang Taiwan, akhirnya nginep di hotel. Sampe di hotel, check in sudah jam 1.00! Omong2 sebentar sampe jam 2, trus tidur. Rencana bangun jam 6.30, coz breakfast hotel start jam 7.00 trus kita brangkat Mojokerto jam 7.30. Dasar jam Indo, alarm bunyi jam 6.30, ambil terus matiin. Melek uda jam 7.00! Mandi, trus langsung bangunin Singku, trus nunggu mandi and thennn breakfast time!hahaha...molor semua waktunya, tamu Taiwan sudah selesai makan! hahaha... Trus kita ke money changer buat nukerin uang ke rupiah, trus kita perjalanan ke Mojokerto, ke pabrik Tjiwi Kimia.

2 orang Taiwan ini ternyata dengan tampang ga mbejaji merupakan Chairman + perancang mesin! Tampang menipu! Kaya + pinter banget! hahaha.. meskipun ga bisa omongan bahasa Mandarin, apalagi bahasa Hokkian, tapi salah 1 dari mereka bisa fasih bahasa Inggris, lumayannn....
Oh ya, nama mreka Mr. Lau / Lai / Lan (mboh lah..sing ini ga isa bahasa Inggris, jadi ga omongan blas, tapi dia Chairman), trus 1 lagi Mr. Sun. Nah, Mr. Sun ini pinter banget + pembawaane santai, pertama liat, ta kira dia owner'e. Ternyata salah! hahaha... Mr. Sun dari Taiwan, tapi tinggal di Turki! Istri dan anak sudah menetap di Turki, cuma Mr. Sun pulang pergi Turki-Taiwan buat kerjaan.
Anak Mr. Sun bisa fasih 4 bahasa! Inggris, Mandarin, Turki, dan Prancis! Gila... sudah termehek2 denger, ditambah lagi dia crita, ponakan Mr. Sun bisa fasih 9 bahasa!!! WONG EDAN! FASIH!!

Pelajaran yg ta dapet hari ni sih ga gitu banyak, tapi pengalaman masuk pabrik Tjiwi Kimia yg besar'e segedhe gaban / mungkin 1 komplek siwalankerto+kutisari (surabaya) atau mungkin 6-8x komplek Sektor 1 Solo Baru. Atau apapun lah.. sangar tenan!

Terus, dalam hal bisnis, ternyata orang Taiwan bisa jadi contoh yang baik. Seluruh manager Tjiwi kliatannya orang keturunan Taiwan semua, karena mereka fasih bahasa Hokkian.
Mereka sekarang ternyata pakai mesin2 dari Cina, menghindari mesin Eropa, karena efisiensi biaya! Harga mesin Eropa bisa 3-5x lebih mahal, belum lagi sparepart! Gila! Padahal sempet tanya, harga mesin kaya gituan tu kisaran brapa? puluhan juta/ratusan juta? MILYAR! Bandingin aja kalo selisih sampe 300-500%! hahaha...

Etos kerja orang Cina memang masih bisa dicontoh, mreka kerja dengan hitungan sebelum melakukan segalanya dan efisiensi kerja merupakan dasar. Memang sih, ilmu ekonomi Amerika juga gitu, tapi etos kerja orang Cina lebih hebat daripada orang Barat. (setau saya lo ya..)

Mungkin sedikit koreksi buat negara kita. Sistem pembelajaran ekonomi di negara kita kadang salah arah. Negara kita di Asia, tapi kiblat pelajaran kita mengikuti Amerika. Memang semua orang melihat Amerika dan seolah-olah menjadi soko guru buat segala ilmu. TAPI, jangan salah! Kita tetaplah di Asia, kita ga bisa memindahkan negara kita ke benua Eropa/Amerika. Syukuri saja + bijaksanalah dalam pembelajaran dasar. Belajarlah dari masternya. Jangan pernah malu untuk belajar, walaupun belajar dari Malaysia atau negara yang kita benci sekalipun, bahkan Timor Leste, bila ada yang lebih baik, mengapa tetap pada pendirian lama yaitu kiblat yang sudah expired? Hahahaha...
Semua ada waktunya, tapi kita bisa membuat waktu itu datang lebih cepat bila kita bijaksana dalam pengambilan keputusannya..

Hahahaha...
Sekian deh hari ini..
God bless you!

Bukan Gombal Bukan Sihir - prakata

Mari kita mulai label 'bukan gombal bukan sihir' dengan sedikit prakata..
hahahaha...
entah bakat terpendam, atau mungkin wangsit dari yang kuasa, tapi cuma asal ngetik apa yang ada dipikiran..

Pernah sih dapet penghargaan gara2 nulis2 ga jelas 1 halaman folio waktu di ulang tahun SMA, lumayan sih dapet juara 1, tapi sayangnya hanya ucapan selamat+hadiah kecil apa sampe lupa, kayanya sih ga penting.hahaha...

Dulu sih ada orang yang bisa nampung 'kata2 mutiara', tapi sekarang uda ga ada.. Kalo adapun juga ga bisa sebebas dulu. So.... mari saya lakukan di blog ini saja, supaya amunisi saya bisa tercurah dan mungkin bisa mengilhami orang lain..

Yang pasti saya tidak puitis, bukan pujangga, bukan penggombal yang ulung, atau apapun yang biasa disebut dialamatkan kepada orang yang suka menulis. Oh ya! Saya yang pasti bukan penulis! hahaha...

Entahlah, yang pasti semua ini Bukan Gombal Bukan Sihir...

Let's start this label!

SINGLE FOREVER

Sorry..kali ini harus COPAS dari lapak blog temen. Indahnya berbagi pengetahuan + kebijaksanaan.. Kalo ada waktu, silakan diselakan sebentar buat baca. Kalo ada waktu lebih, silakan dibaca+dimengerti. Kalo ada Alkitab, silakan di buka ayat-ayatnya & direnungkan sebentar.
Ditujukan untuk semua orang yang masih SINGLE dan BELUM SINGLE. bingung?makanya baca... ^^

Single Forever – by Pastor Jeffrey Rahmat
Read this sentences carefully:
Baik atau buruknya suatu hubungan (teman, berpacaran / pranikah, atau pernikahan), tergantung dari siapa saja yang terlibat dari hubungan itu.

OMELET TELUR BUSUK

Temen-temen, kalo dipikirin dan direnungin maka kalimat di atas bener banget tuhh. Relationship kita dengan orang lain, tentu terkait erat dengan pribadi orang itu sesungguhnya. Seorang tokoh motivasi terkenal juga pernah bilang, kita adalah rata-rata dari karakter teman-teman kita, dengan kata lain keberadaan kita ini dipengaruhi oleh orang2 di sekeliling kita.

Contoh nyata dehh:
Omelet, alias telor dadar / orak-arik. Dia akan menjadi makanan yang enak banget (terutama buat yang laper) kalo terbuat dari telur-telur yang segar dan baik. Tapi gw pernah bikin omelet dari 4 telur, dan ternyata waktu gw pecahin telur ke 4 dan tercampur dengan 3 yang lain, telur ke 4 itu udah busuk. Wakzzz…, Apa temen2 ada yang mau omelet dari 3 telur bagus dan 1 telur busuk..??
Tentu ga akan ada yang mau, because the 4th egg, has made the whole things going bad. Yup, si telur busuk tadi udah mempengaruhi/ merusak telur-telur yang baik. Dan kabar buruknya adalah : Omelet itu ga bisa jadi telur lagi.
Ilustrasi di atas, ga jauh beda dengan relationship yang kita alami dengan teman-teman kita, termasuk juga dalam pernikahan.
Relationship hanya bisa seindah dengan siapa kita menjalin hubungan itu. Kalo dalam pernikahan sudah diaduk menjadi satu, dan jika baru ketahuan kalau telur yang satu busuk dan mengalahkan telur yang baik… owww… that’s terrible.

Now, kita lihat pada ayat dibawah ini, ayat yang mengawali tentang relationship antar manusia.
Kejadian 2:18 TUHAN Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.”
King James Version : And the LORD God said, It is not good that the man should be alone; I will make him an help meet for him.
Jika manusia seorang diri / Alone : Tuhan katakan itu “Tidak Baik”.
Seorang diri = alone /sendirian, bukan single. Manusia yang Alone artinya : sendiri saja, eksklusif, terisolasi, menyendiri, tersendiri, tidak ada teman. Ini adalah kondisi yang tidak baik.
Mengapa TIDAK BAIK jika manusia seorang diri saja ??
Here’s the reason:
1. Karena KASIH. Sifat dasar dari kasih adalah MEMBERI, to give. God is Love, jadi supaya Tuhan bisa mengasihi maka Tuhan menciptakan manusia agar Tuhan bisa mencurahkan kasihNya.
2. Karena untuk memperoleh keturunan, maka harus berpasangan dengan lawan jenisnya.
3. Karena talenta dan kemampuan kita dapat dikembangan sendirian saja. Tetapi untuk mengembangkan Karakter, diperlukan orang lain! Betul khan?

You see guys? It’s not good for a man to be alone (sendiri, eksklusif, menyendiri, tidak berteman)
But it’s good to be SINGLE!
SINGLE artinya: tunggal, whole, utuh, complete, terpisah, unik (English Dictionary), whole, unique, undivided.

Tuhan tidak bilang : It’s not good to be single, tapi yang Dia bilang : It’s not good to be alone.
Adam = adalah pribadi yang Single, artinya complete, utuh, sempurna. Dikatakan “Allah melihat segala yang dijadikanNya itu sungguh amat baik”. Ini berarti Adam adalalah pribadi yang utuh, single, complete, and nothing wrong with Adam as his person. Tidak pernah dikatakan bahwa Adam sibuk mencari pasangan untuk mengisi kekosongan jiwanya. Tidak !!
Yang tercatat adalah : Adam mengusahakan dan memelihara Taman Eden, sendirian ‘bo ! Termasuk kerjaan yang mahaberat, yaitu memberi nama segala mahkluk hidup yang ada di bumi. Begitu sibuknya dia, sampai Adam enggak sadar kalo dia perlu teman. Tuhanlah yang bilang, bahwa “It’s not good for a man to be alone”. Adam sibuk, concern dgn pekerjaannya sehingga dia tidak merasa membutuhkan teman. Inisiatif berpasangan, justru datangnya dari T u h a n.

Perhatiin deh, pada saat Adam setia menjalankan panggilannya, maka Tuhan kasih bonus yaitu Pasangan Hidup. Nah, temen2 dah pada setia belom nihh? Hehe… Ayo kita setia, maka yang terbaik pasti Tuhan sediakan buat kita.
Waktu Tuhan menciptakan Hawa, wanita diciptakan BUKAN untuk membuat Adam menjadi complete. Why? Krn Adam sudah complete sejak sebelum dia ketemu wanita. Tujuan penciptaan wanita, sebagai penolong bagi Adam. The Lord said, “I’m going to make him a helper”.
Ilustrasi nya gini : Untuk mengangkat meja sendirian, bisa dilakukan.
Tetapi dengan adanya penolong, maka akan membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah, right?
Sekalipun saat itu Adam masih sendirian (alone), tetapi dia tidak merasa kesepian. Temen2 perlu ingat bahwa alone, belum tentu kesepian / lonely.
Adam memang tidak kesepian krn ada Tuhan di situ, tetapi jelas bahwa Tuhan bilang “it’s not good for a man to be alone”.

‘SINGLE’NESS

Guys, Kapan kita tahu bahwa kita siap untuk menerima pasangan? Yaitu pada saat kita merasa tidak membutuhkan pasangan, karena disitulah kita merasa Complete. Adam telah membuktikannya. Hawa datang bukan pada saat dia sedang sibuk sana-sini mencari pasangan. Tuhan memberikan pasangan, justru pada saat Adam ada dalam kondisi terbaik, saat sedang complete, utuh, single dan menikmati panggilannya.

Singleness, adalah suatu tahapan yang harus dicapai oleh setiap orang yang akan menikah.
Hanya orang yang SINGLE, utuh – complete – matang – unik – secure – aman, hanya Single person yang siap masuk ke dalam arena pernikahan. Sebab pernikahan seharusnya terjadi antara two single persons, antara laki-laki yang utuh dan wanita yang utuh. Tetapi seringkali faktanya, pernikahan terjadi antara dua orang yang saling tidak utuh, yang saling mencari keutuhan dari diri pasangannya masing-masing.

Ilustrasinya gini : Ada dua gelas berisi air yang tidak penuh, diibaratkan sebagai seorang individu.
Pada masa pra nikah, seringkali seseorang berkata “ohh…, kekasih saya adalah orang yang bisa memenuhi hidup saya” atau “bersama dengan kekasih saya, hidup saya menjadi utuh / complete”. Faktanya adalah : setelah yang gelas yang satu mengisi gelas yang lain, apa yang terjadi? Maka salah satu dari gelas itu akan menjadi kosong!

Temen-temen, pernikahan tidak akan menjadi baik kalau ternyata kita mendapatkan orang yang tidak single / tidak complete / tidak utuh. Perbuatan yang salah, jika kita mencari seseorang yang bisa mengisi kekosongan dalam hati kita. Bahkan, beberapa diantara kita mungkin udah mulai mencari-cari orang lain yang bisa mengisi kekosongan dirinya, sejak dari kecil…!! SMP mungkin?

Matius 22 :39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah : Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
Yesus berkata, supaya kita bisa mengasihi sesama kita, baik itu pasangan kita, isteri/suami kita, maka kita harus bisa mengasihi diri sendiri.
Tidak bisa mengasihi dirimu sendiri = tentu tidak bisa mengasihi sesamamu manusia. Perlu dicatat bahwa mengasihi diri sendiri: bukan berarti selfish, self center, atau egois, melainkan menjadi utuh, complete, dan Single!!

Lantas bagaimana caranya mengasihi dirimu sendiri:

1. Mengenal diri kita sendiri. Do you know who you are ?
Do you know why you are in God?
Do you know why you are here?
Do you know your identity?
Yesus adalah pribadi yang mengetahui siapa diriNya, sehingga Dia bisa mengasihi orang lain. (Yoh 14:6, 10:9, 10:11, 6:35, 8:12, 11:25)

2. Menerima diri kita apa adanya, artinya kita memiliki gambar diri yang telah dipulihkan dalam Kristus.
Pernikahan yang tidak baik ialah dua individu yang tidak bisa mengasihi diri sendiri, tidak mengenal dirinya sendiri, tidak bisa menerima dirinya sendiri, tetapi berusaha untuk saling mengasihi.

Lihat contohnya di Sinetron.
Beberapa relationship pra nikah atau malah pernikahan, sebetulnya “mengosongkan” diri kita, atau “dries you up”, atau membuat kondisi kita menjadi kering, yaitu pada saat pasangan kita berusaha memenuhi kekosongan dirinya.
Jika pasangan kita sedikit-sedikit telpon kita dan bilang, “Knapa sih elo gak telp gue?”, atau sedikit-sedikit “Knapa sih elo ga perhatiin gue?”, atau “Kenapa sih elo enggak seperti yang lain?”
Sesungguhnya, kalau kita Single (complete, utuh, whole), maka kita tidak segitu butuhnya diperhatiin, karena kita bisa mengasihi diri sendiri dan siap mengasihi orang lain. Yesus adalah pribadi yang tahu persis siapa dirinya, apa tujuan hidupnya, dan kenapa Dia ada di muka bumi ini. (Yohanes 8:14)

IT’S MORE IMPORTANT TO BE SINGLE

Ternyata jika ditelaah lebih jauh, lebih penting untuk menjadi Single lebih dahulu ketimbang menikah. Adalah lebih aman untuk tidak menikah lebih dahulu, daripada menikah tapi kita belum menjadi single. Hal yang paling berbahaya dalam pernikahan adalah orang yang tidak Single/utuh, menikah dengan orang yang tidak Single/utuh. Itulah penyebab perceraian dan memudarnya kebahagiaan dalam pernikahan.
Ilustrasi : Masih mending kalau gelas tadi berisi 50% : 50%. Yang lebih parah, jika yang satu dalam kondisi yang dibawah 50%. Jika individu yang satu tidak bisa memenuhi yang lain, maka pasangannya akan mencari orang lain, yang dianggap bisa memenuhi kekosongan dirinya dan terjadilah perselingkuhan yang berujung pada perzinahan.
Lihatlah pada realita yang ada, orang yang tidak utuh/complete/ single menikah dengan yang tidak utuh, maka tinggal menunggu waktu saja dan dalam hitungan jari, tahun2 pernikahan mereka akan segera berakhir.

It’s more important to you to be SINGLE first, then get married.
Kalaupun sekarang kita belum get married, yang terpenting kita menjadi SINGLE, maka dengan demikian kita tetap bersukacita. Sebab, orang yang tidak SINGLE, tidak utuh, tidak dapat menguasai dirinya (Amsal 25:28). Bagaimana mungkin orang yang kosong / tidak utuh akan dapat mengendalikan dirinya? Dia hanya bisa mengendalikan sebagian dari dirinya, tidak sepenuhnya. Tentu saja, hanya orang yang Single, yang complete / penuh / utuh, akan dapat mengendalikan hidupnya.

READ THIS :
Orang yang tidak utuh/complete, tidak dapat memberikan apa-apa untuk pasangannya karena memang tujuan awal dia mencari pasangan adalah selfish, hanya untuk mengisi kekosongan dirinya sendiri. Pasangan seperti ini hanya akan banyak menuntut, banyak minta diperhatiin dsb. Dia akan mengganggu konsentrasi hidup kita, pekerjaan, karier, bisnis dll. This person will dries you up.

IT’S A WRONG MYTH
Mitos yang keliru ialah : Menikah adalah kunci menuju kebahagiaan, seakan belum lengkap kalau belum menikah. Ini menyebabkan kebanyakan orang sejak muda berpikir untuk mencari seseorang, untuk mengisi kekosongan d i r i nya.
It’s completely wrong, guys. Why ??
Karena kekosongan hidup kita hanya bisa diisi oleh Tuhan. Makanya Tuhan Yesus bilang, “Seek ye first the Kingdom of God “, Mat 6:33.
Tuhanlah yang seharusnya menjadi pusat, sumber dan inspirasi untuk mengisi kekosongan hati kita.

Kita semua tahu, bahwa kita tidak perlu menikah untuk menjadi complete. Pernikahan tidak selalu menambah urapan dalam diri kita, tidak selalu akan menjadikan kita sebagai berkat bagi orang lain. That’s not the point of a marriage. Kepenuhan panggilan kita hanya bisa didapat di dalam Tuhan, yaitu pada saat kita tahu siapa diri kita, kita bisa menerima diri kita sendiri, kita tahu kenapa kita ada disini, dan kita memahami apa tujuan hidup kita.

Kunci menerima kebahagiaan yang sebenarnya adalah : Apabila kita menjadi single/utuh/ complete, mengenali siapa kita di dalam Tuhan dan mengetahui tujuan hidup kita, baik dalam keadaan menikah atau tidak menikah. Ada orang-orang yang masih sendirian, belum berpasangan/ menikah, tetapi dia tidak pernah merasa kesepian karena dia Single, utuh/complete dalam panggilannya. Tidak dipungkiri, bisa saja sewaktu-waktu ada keinginan memiliki pasangan, tetapi keinginan itu tidak pernah membuat dia menjadi goyah dan tetap maksimal dalam panggilannya.

SEKALI LAGI : HANYA BISA DIISI OLEH YESUS

Banyak orang yang sendirian tapi dia belum utuh/kosong/ sepi, hidupnya banyakdiisi dengan usaha-usaha utk memenuhi kekosongan dirinya dan menjadi orang yang sibuk sana-sini mencari tulang rusuknya. Cobain sana, cobain sini, lirik sana-sini, jadian sana-sini, putus sana-sini, parah deh pokoknya. Jika dia menikah, bisa jadi dia malah akan merusak pasangannya jika pasangannya adalah orang yang Single.

Ingat ilustrasi omelet. Telur yang busuk akan merusak telur yang baik. Nahh, jika pasangannya tidak Single/utuh, wahh… akan lebih parah lagi. Mereka akan saling mengeringkan, saling menuntut, saling menyakiti dan tidak dewasa, dan akan berakibat pada ketidak-bahagiaan dan perceraian. Guys, sekali lagi pahamilah, bahwa rasa kesepian dan tidak utuh, TIDAK BISA DIISI OLEH PASANGAN KITA, melainkan hanya oleh Tuhan Yesus. (maka layanilah Tuhan, cari dulu Kerajaan Allah, ikutlah kegiatan2 Gereja, berikan dirimu; perhatianmu, usaha kreatifmu dan waktumu… maka yang lain2 akan ditambahkan bagimu…)

Justru pernikahan yang sempurna, hanya bisa dilakukan oleh dua orang Single, yaitu mereka yang telah utuh dan complete. Mereka berdua tidak akan saling mengeringkan, tapi saling memberi pujian, saling mendukung, saling menunjang dan tidak saling menuntut. These two Single persons akan menghasilkan sesuatu yang baik, kekuatan yang baru, berkat bagi sekeliling, dll.
Tidak heran jika setelah pernikahan, maka baik sang pria maupun sang wanita, akan menjadi individu yang semakin berkualitas, yang mengalami kepenuhan panggilannya di dalam Kristus. Berbahagialah kita jika menikah dengan pribadi yang Single, pribadi yang utuh/complete, punya kedewasaan dan panggilan dalam Kristus.

 Remember:
Hubungan kita hanya sebaik dengan siapa saja yang terlibat dalam hubungan itu.
To be single should be the goal of every person.
Dan entah kita menikah atau tidak, sudah menikah atau belum…., STAY SINGLE !!

Thanks buat Meidy.

prakata setelah lama absen..hahaha..

FINALLY!!!! I'm back!!!

Setelah berbulan-bulan ga ada waktu buat nulis blog.. Dan setelah ada waktu, lupa password gmail.com, and nowwww.... i'm officially back!

okay..let's start it!